Koarmada l Resmikan Taman Bacaan Masyarakat Di Pulau Terpencil Natuna

0 Comments


 

Bogor, Universitas Pertahanan Revpubtik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Magister (S-2) dan Doktoral (S-3) sekaligus memperingati Dies Natalis Unhan RI ke-13 yang dipimpin dan dibuka oleh Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Prof. Dr. tr. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng., dilaksanakan melalui daring dan luring, bertempat di gd. Aula Merah Putih Unhan RI Kawasan IPSC Sentul Jawa Barat. Rabu, (16/03).

Sidang Senat Terbuka Wisuda Unhan RI dan Dies Natalis Unhan RI ke-13 TA. 2022, mewisuda sebanyak 428 mahasiswa dari program Magister (S-2) dan Doktoral (S-3). Acara Sidang Senat Terbuka diawali dengan pembukaan Sidang Senat Terbuka Wisuda Pascasarjana Program Magister (S-2) dan Doktor (S-3) serta Dies Natalis ke-13 Unhan Ri TA 2022 oleh Rektor Unhan RI dilanjutkan dengan sambutan Menhan Ri Prabowo Subianto diwakili oleh Wakil Menhan RI Muhammad Herindra, M.A., M.Sc mewakili serta . Orasi Ilmiah dari Prof. Budi Soesilo Soepanji dengan topik “Peran Strategis Bidang . Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam pembangunan SDM
pertahanan negara”.

Wakil Menhan RI dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Universitas Pertahanan atas perayaan Dies Natalis atau hari lahir Perguruan Tinggi yang ke-13 dengan rasa penuh syukur dan kebahagiaan. Hal ini menjadi sangat penting, yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Untuk itu saya mengajak segenap civitas akademika untuk terus meningkatkan kualitas demi pengembangan Unhan RI. Disampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada segenap wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi di Unhan RI. Wisudawan/wisudawati Program Magister dan Doktor yang akan diwisude saat ini berjumiah 428 orang terdiri dari Mahasiswa Internasional 1 orang, Umum 108 orang, TNI 278 orang, Polri 13 orang dan PNS 28 orang.

Selamat juga kepada keluarga wisudawan/wisudawati yang tentunya ikut andil dalam keberhasilan saudara-saudara. Tentunya sebagai lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi “A”, para lulusan memiliki tanggung jawab besar untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada bidang tugas masing-masing.

Dinamika lingkungan strategis saat ini bergerak sangat kompleks. Hal tersebut berpotensi memunculkan berbagai bentuk ancaman militer, nonmiliter hingga hibrida yang diprediksi mengancam kepentingan nasional, membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia di masa mendatang. Potensi potensi tersebut menjadi sebuan tantangan yang harus dijawab secara cepat oleh Kementerian Pertananan bersama Unhan RI melalui strategy map, program kerja, kesiapan SDM yang unggu! dan berkualitas serta keberhasilan pelaksanaan tugas lainnya.

Keberadaan SDM pertahanan yang unggul dan tangguh menjadi kunci dalam menentukan kebijakan strategis yang dimaksud. Pengembangan SDM yang modern dan profesional dilakukan guna mengantisipasi perubahan tatanan global dan dinamika yang dapat mengancam kedaulatan Negara.

Wisudawan/wati merupakan SDM yang unggul dan tangguh di bidang pertahanan negara. Untuk itu agar dapat membuktikan dengan karya nyata. Tantangan tersebut hanya dapat diatasi dengan baik apabila memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Pergerakan revolusi industri 4.0 tidak dapat dihindari oleh setiap negara. Distribusi teknologi dibarengi dengan adanya pandemi menyebabkan ketidakpastian global yang semakin meningkat. Kompleksitas masalah yang muncul baru yang tidak penah terkalkulasi oleh negara manapun. Oleh karenanya, harus menemukan inovasi dan solusi terhadap permasalahan yang terjadi.

Diharapkan Unhan RI dan para lulusannya dapat terus memberikan kontribusi positif baik dalam tataran pemikiran, konseptual maupun praktis sesuai dengan porsi dan kemampuan saudara-saudara, sehingga pertahanan negara kita sernakin kuat baik dari aspek fisik maupun sumber daya manusianya. Unhan RI sebagai kampus center of excellence atau pusat kajian dan pelatihan yang mampu membuat terobosan-terobosan dan inovasi dalam bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika atau STEM yang penting dalam konteks pertahanan dan ketahanan nasional. Unhan RI mampu menciptakan sumber daya yang unggul dan tangguh, memiliki budaya akademik kolaboratif dan kompetitif. yang mampu menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Dalam rangkaian prosesi Wisuda Program Magister (S-2) dan Doktoral (S-3) Rektor Unhan RI menyerahkan piagam Penghargaan kepada Wisudawari/wati lulusan Terbaik Program Doktoral (S-3) Unnan RI a.n Arif Mustofa dan lulusan terbaik Program Magister (S-2) a.n Anthaariq Rizki (Prodi Peperangan Asimetris FSP Unhan RI), Deyvie Laudya Roringkon (Prodi Manajemer, Fertaiianan FMP Unhan RI), Nour Zattullah (Prodi Damai dan Resolusi Konflik FKN .Unhan Ri), Agung Mulyo Utomo (Prodi Teknologi Penginderaan FTP Unhan RI) dan dalam kesempatan tersebut juga disampaikan kesan dan pesan oleh perwakilan Wisudawan dari Myanmar Khin Zar Li (Prodi Damai dan Resolusi Konflik FKN Unhan Ri). Rangkaian wisuda dan Dies Natalis Unhan RI dilanjutkan dengan Prosesi Tradisi yang merupakan kegiatan tidak terpisahkan setiap kali Unhan RI melaksanakan Wisuda, acara Prosesi Tradisi diikuti dengan display Drum Band oleh Kadet Mahasiswe S71 Unhan RI.

Acara Wisuda Unhan RI dan Dies Natalis Unhan RI ke-13 TA. 2022 dihadiri oleh tamu undangan secara daring maupun luring antara lain pejabat Eselon | dan I! di lingkungan Kemhan RI dan Unhan RI, Pejabat dilingkungan Mabes TNi dan Angkatan, perwakilan pejabat dari Instansi Wisudawan/wati, Para Guru Besar Unhan RI, para pejabat di lingkungan Indonesia Peace and Security Center (IPSC), para pendamping wisudawan/wati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.