Ariza Tegaskan Komitmen Pemprov DKI Kembangkan Agro Eduwisata

0 Comments


Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama istri, Ellisa Sumarlin, meninjau dan mengikuti kegiatan panen buah belimbing dan sayur bayam di Agro Eduwisata Bibit Tanaman di Ciganjur, Jakarta Selatan (12/5).

Pada kesempatan itu, ia menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mengembangkan agro eduwisata secara berkesinambungan.

“Alhamdulillah, hari ini saya bersama Ibu Ellisa selaku Ketua BKOW dan istri saya, kami mengunjungi kebun Agro Eduwisata yang ada di Ciganjur. Ini lebih dari 13 hektar dari 14 kebun yang ada di Jakarta. Tadi panen buah belimbing, juga sayur bayam,” ujar Wagub Ariza usai meninjau kegiatan panen, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa buah-buahan maupun sayur-mayur yang dipanen di agro eduwisata tersebut memiliki potensi yang cukup besar dan tentunya diminati oleh masyarakat Kota Jakarta.

“Jadi, belimbing ini sangat baik. Kelebihannya, vitamin C tinggi, airnya banyak, khasiatnya menurunkan tekanan darah tinggi, dan tadi coba dijus, rasanya manis asli, nggak (perlu) pakai gula. Nah, ini sesuatu yang baik, mudah-mudahan masyarakat lebih dapat lebih banyak mengonsumsi buah-buahan termasuk buah belimbing,” terang Wagub Ariza.

Wagub Ariza juga menyampaikan, program dan kegiatan yang ada di agro eduwisata tersebut sangat baik dan bermanfaat, khususnya sebagai sarana pembelajaran bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 63 yang berada di sekitar area agro eduwisata.

“Di sini juga ada sekolah SMK 63 tentang pertanian, kurang lebih ada 743 siswa. Alhamdulillah, semuanya begitu lulus terserap di lapangan kerja yang tersebar di Jakarta. Jadi, ini baik sekali ada kebun, tempat penelitian, praktik, dan pengembangan ditanam sampai dipanen di sini. Anak-anak bisa sekolah di sini dan juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Selain itu, Wagub Ariza menambahkan, dalam mendukung pertanian perkotaan atau program urban farming, salah satu program Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta adalah dengan cara membantu masyarakat yang ingin mendapatkan aneka bibit tanaman. Masyarakat bisa mengikuti prosedurnya secara online dan masyarakat ber-KTP DKI Jakarta bisa mendapatkan bibit tanaman, seperti bibit buah belimbing.

“Masyarakat kami minta bisa memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masing-masing untuk ditanam tanaman yang bermanfaat, termasuk buah belimbing. Tadi kami minta juga ternyata di sekitar Jakarta Selatan ini, lahan-lahan yang kosong bagi warga bisa dimanfaatkan untuk berkebun, nanti bekerja sama dengan Dinas KPKP dan dengan sekolah,” tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta tentunya juga akan mengajarkan mengenai tata cara mengelola dan menanam berbagai tanaman, termasuk buah-buahan dan sayur-mayur, serta jenis tanaman lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. (hop)

Leave a Reply

Your email address will not be published.