Sekilas Tentang Teknologi RFID, Alat Identifikasi Yang Banyak Dipakai Oleh Perusahaan

0 Comments


RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. RFID merupakan teknologi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengambil data menggunakan barcode atau kartu magnetik. Metode identifikasi menggunakan alat yang disebut label RFID yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data dari jarak jauh.

Dalam praktiknya, label RFID bisa disematkan pada suatu produk, hewan, atau bahkan manusia. Proses identifikasi pada RFID bisa terjadi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Oleh sebab itu, proses identifikasi RFID membutuhkan dua perangkat yaitu tag dan reader agar dapat berfungsi dengan baik.

Tag RFID adalah perangkat yang melekat pada objek untuk diidentifikasi oleh pembaca RFID. Ada dua jenis tag RFID, yaitu aktif dan pasif. Tag pasif bisa digunakan tanpa harus menggunakan baterai sedangkan tag aktif membutuhkan baterai untuk beroperasi.

Tag RFID berisi tag unik yang berbeda satu sama lain. Selain itu, informasi yang disimpan pada objek atau objek yang terhubung ke tag hanya terdapat dalam sistem atau database yang terhubung ke pembaca RFID.

Pembaca RFID adalah perangkat yang dapat membaca tag RFID. Pembaca RFID juga terdiri dari pembaca RFID pasif dan pembaca RFID aktif. Pembaca RFID pasif bisa mencapai hingga 600 meter. Namun, pembaca pasif hanya dapat menerima sinyal radio dari tag aktif.

Sementara itu, pembaca aktif bisa mengirimkan sinyal interogator ke tag dan menerima balasan otentikasi dari tag. Selain itu, sinyal interogator juga dapat berfungsi sebagai sumber tag pasif.

Penggunaan dan Aplikasi RFID dalam Kehidupan

RFID banyak diminati karena mempunyai beberapa keunggulan. Label atau tag bisa dibaca jika melewati dekat pembaca label, walaupun tertutup oleh objek lain. Selain itu, label bisa dibaca dalam wadah, karton, dan kotak.

Yang terbaik dari semuanya, label RFID bisa membaca ratusan sekaligus. Saat ini, RFID banyak digunakan oleh perusahaan untuk tujuan mengidentifikasi karyawan dan aset perusahaan. RFID juga digunakan di supermarket untuk identifikasi saat berbelanja barang.

Selain itu, RFID bisa digunakan pada mobil untuk mengidentifikasi penggunaan bahan bakar bersubsidi. RFID juga untuk pembayaran tol tanpa kontak langsung. Di bandara, RFID juga digunakan untuk tujuan pelacakan bagasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *